Wednesday, December 26, 2012

RAHASIA AGAR OTAK JENIUS



Dunia harus berterima kasih kepada para jenius yang telah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga kemajuannya dapat kata rasakan dengan sangat pesat seperti saat ini. Jumlah mereka kurang dari 2% dari populasi manusia, meski populasi mereka yang sangat sedikit itu, namun mereka dapat mengubah dunia dengan tangan mereka.

Kalau kamu mengira jenius merupakan bawaan bagi manusia yang memilki IQ jauh di atas rata-rata, kamu salah. Mereka hanya berhasil menggunakan kemampuan otaknya lebih dari orang-orang biasa guys. Sebenarnya semua orang pun bisa mengembangkan kemampuan berfikir seperti otak mereka, hanya dibutuhkan KEMAUAN dan KERJA KERAS.

Bill Gates, si pemilik perusahaan Microsoft yang juga merupakan satu di antara para jenius mengatakan bahwa 99% yang menciptakan kejeniusan adalah KERJA KERAS. Jenius di sini bukanlah seorang yang memiliki IQ jauh di atas rata-rata, tapi jenius di sini adalah Expert atau para ahli di bidangnya. Bagi mereka para jenius, hanya ada tiga kunci kejeniusan mereka, kita pun bisa menjadi bagian dari mereka. Dengan kunci KEMAUAN dan KERJA KERAS.

Rahasia 1
Si jenius bisa mencari cara sendiri untuk menguasai hl-hal yang belum dikuasainya. Para jenuis menciptakan metode belajar sendiri yang paling cocok dengan diri mereka. Jika tidak menguasai suatu subjek, mereka akan mencari tahu cara paling efisien untuk mempelajarinya. Mereka terus mencoba (mereka tidak pernah berhenti mencoba jika belum berhasil) sampai mereka bisa menguasai hal yang ingin dikuasainya. Kalau gagal dengan suatu metode, mereka akan mencoba metode lainnya.

Rahasia 2
Para jenius suatu memiliki motivasi yng “sagat, sangat, sangat besar!” untuk menguasai apa yang menjadi minatnya. Kadang kala  mereka rela mengorbankan berbagai hal demi minatnya itu. Inilah kisah Bill Gates si orang orang terkaya di muka bumi: “Bill Gates orang yang cerdas. Itu sudah pasti. Jika tidak cerdas, dia tidak akan bisa masuk Universitas Harvard, yang merupakan universitas terbaik di dunia. Tapi dia keluar. Alasannya: “Aku ingin berbuat lebih.” Rupanya, ia tidak ingin hanya menjadi seorang jenius. Dia sadar terus kuliah hanya akan mengurangi waktunya dalam mendalami software komputer yang sangat diminatinya. Dalam pengakuannya, dia pernah tidak tidur berhari-hari ketika menyelesai software pertamanya.

Rahasia 3
Mereka yang jenius memiliki visi masa depan yang jelas, konkret dan terukur. Apabila ditanya apa yang diinginkannya di masa depan, mereka akan menjawab tuntas hingga ke detailnya. “Sepuluh tahun dari sekarang, saya akan menjadi pengusaha mebel kayu jati yang produknya akan merambah seluruh Eropa. Karyawan saya akan lebih dari 500 orang. Omset saya lebih dari 500 miliar.” Itulah visi seorang pengusaha besar.

So, apa yang kamu pikirkan??
Kamu bisa menjadi jenius di bidang apa pun yang kamu minati jika kamu berfikir dan memiliki karakter seorang jenius. Dan, tiga hal itulah rahasianya. Hanya tiga. Cara sederhana menjadi jenius. Jika tiga rahasia itu sudah anda pegang dan anda jadikan sebagai rahasia juga.

Maka inilah cara sederhana membangkitkan sosok jenius dalam dirimu:

Saat kamu ingin mengetahui sesuatu, katakan pada dirimu sendiri: “Sisi lain dari ini apa? Ada apa dibaliknya?”. Saat satu jawaban datang, terus tanyakan pertanyaan-pertanyaan itu kembali.
Hal-hal yang bisa membantumu mencapai “inner-genius”mu setelah kamu tahu berbagai hal tentang jenius dan tahu cara membangkitkannya, kini saatnya untuk tahu hal-hal apa saja yang bisa membantu untuk membangkitkan “si jenius” dalam diri.

Tidurlah cukup
Loh, kok malah tidur, bukannya untuk melatih pikiran harusnya terus bangun? Ternyata tidak. Tidur setelah belajar justru meningkatkan kemampuan otak mengingat. Saat terlelap tidur, otak kita justru bekerja keras memilah-milah informasi penting untuk kita, sehingga kemampuan memori kita menguat. Namun itu hanya berlaku bagi tidur yang lebih dari enam jam. Itu mengapa sistem belajar SKS (Sistem Belajar Semalam/Satu jam) tidak direkomendasikan karena justru hanya akan melemahkan kemampuan berfikir dan kemampun memori kita. So, langsunglah tidur sekurang-kurangnya enam jam usai belajar di malam hari. Dengan begitu, belajarmu akan memberikan hasil lebih maksimal. Untuk menadi Expert, begadang merupakan pantangan.

Latihan fisik
Banyak-banyaklah melakukan aktivitas fisik: jalan-jalan, berolah raga permainan, senam atau apa pun. Melakukan banyak aktivitas fisik terbukti meningkatkan kemampuan berfikir otak.

Makan cukup
Kurang makan akan membuatmu tidak memiliki energi untuk berfikir cerdas, tapi terlampau banyak makan juga akan membuat otakmu menjadi kurang cerdas. Makn secukupnya dan selektif. Hindari banyak makan makanan dari lemak hewani. Banyak-banyaklah makan sejenis lemak yang bernama omega 3 yang terkandung dalam ikan, kacang-kacangan atau biji-bijian. Banyak-banyalah juga makan buah dan sayuran. Para Expert selalu tidak pernah berkekurangn atau berlebihan dalam soal makan.

Musik
Mendengarkan musik disinyalir bisa meningkatkan kemampuan otak dalam berfikir, namun tidak ecara langsung. Diketahui mendengarkan musik bisa membuat tubuh merasa relaks, perasaan negatif berkurang dan menurunkan rasa takut. Nah, hal-hal itu otomatis membuat kita bisa lebih fokus dalm berfikir. Namun diketahu tidak semua orang berhasil dengan bantuan musik. Sebagian orang justru tidak bisa berfikir sambil mendengarkan musik. So, cari caramu sendiri!

Jangan lupa bermain
Belajar terus-menerus secara intensif tanpa istrahat dan tanpa jeda bukanlah perilaku yang bijak. Bermain itu menyenangkan. Selain bisa menghilangkan stress, bermain juga membuat kemampuan otak kita berfikir menjadi lebih cemerlang. So, sempatkanlah bermain! Asal kamu tahu, seorang Albert Einstein dan Bill Gates saja selalu mencadangkan waktu setiap hari untuk bermain. Sebaliknya, jangan pula hanya bermain-main melulu. Hanya bermain tidak akan membuat anda Expert.

Meditasi
Meditasi secara rutin sangat membantu kerja otak. Cara yang paling sederhana adalah latihan nafas. Pertama buat posisi tubuh dalam keadaan senyaman mungkin. Lalu tarik nafas dari hidung dan hirup dalam-dalam, lalu lepaskan perlahan-lahan dari lubang mulut. Lakukan itu berulang-ulang, sampai badan terasa segar.

Percaya kalau kamu bisa!
“Meskipun berusaha sangat keras tapi kamu gagal juga. Lantas anda berkesimpulan kalau kamu tidak cukup mampu.” Nah, meski pun kamu berfikir begitu, para ahli psikologi menyatakan sebaliknya. Kegagalan semacam itu sering kali bukan karena kurangnya kemampuan, tetapi karena kepercayaan terhadap diri sendiri yang kurang. Kebanyakan dari kita sudah terjebak dalam stereotip bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang berhasil. Alhasil, otak kita pun bereaksi menyesuaikan diri dengan kepercayan itu. Jadinya kita pun tidak mencapai performa terbaik kita karena pada dasarnya kita memang tidak terlalu percaya akan berhasil.


So, percaya 100% kamu bisa, maka otak akan membantu dirimu!

Salam ^^
@cit_mayZ

0 comments:

Post a Comment