Tuesday, August 5, 2014

Wisata ke Bali-nya Banten : Pantai Sawarna!

Ulun Danu, shrine on lake-Bali
www.iieng.org
Bali? Siapa yang tak mengenal tempat tersebut? Panorama alam yang sangat indah ditambah seni dan budaya yang begitu eksotis menjadikannya tempat paling tersohor di Indonesia. Tak heran, begitu banyak turis, baik yang asing maupun domestik yang menjadikannya destinasi wisata. Bahkan saking terkenalnya Bali, orang luar bahkan lebih mengenalnya daripada Indonesia, negara tempat Bali sendiri berada.

Popularitas pantai Sanur dan pantai Kuta di Bali yang begitu terkenal karena keindahan alamnya ini ternyata tak hanya dapat dirasakan oleh orang yang berkunjung ke Bali, pun dengan keindahan yang tak jauh berbeda, pantai Sawarna, Lebak-Banten juga memiliki keindahan yang sangat memukau.
How clean Sawarna! :3
plus.google.com


Jika di Sanur kita dapat melihat sunrise dan di Kuta kita bisa melihat sunset, maka di pantai Sawarna kita dapat melihat keduanya! Hal ini dikarenakan garis pantainya yang membentang sepanjang 65 KM di selatan pulau Jawa.
sunset at Sawarna
www.wisata.eu
Suasana alam yang masih begitu bersih dan asri, ditambah bukit hijau, pasir putih dan air lautnya yang tampak jernih dan kebiruan menambah  pesona kecantikan dari pantai ini. Belum lagi, keberadaan batu karang yang menjulang tinggi di beberapa pinggir dan di tengah-tengah pantai menjadikan pantai Sawarna lebih memukau, terutama di pagi dan sore hari. Oleh karena keindahannya ini, tak jarang pantai ini dijadikan salah satu lokasi shooting dan pemotretan oleh beberapa rumah produksi.
Exotic corals of Sawarna!
https://twitter.com/kemilauindo/media
Tanjung Layar at noon
http://indonesia-zsolt72.blogspot.com/
Tanjung Layar at morning
https://twitter.com/anggreinaa/media

Saya pribadi diberi kesempatan mengunjungi pantai  ini di akhir Agustus 2014 nanti. Sebelumnya saya memang belum pernah ke pantai ini karena lokasinya yang cukup jauh dari tempat saya tinggal. Saya akan ke pantai tersebut bersama satu rombongan dari organisasi eksternal kampus yang saya ikuti. Kami berkunjung kesana sebagai rekreasi, apalagi di bulan ini adalah libur semester bagi mahasiswa sekaligus libur lebaran bagi ummat muslim. Kami akan berangkat kesana dengan mengendarai bus. Jarak dari kota Serang (ibu kota Provinsi Banten) ke pantai ini sekitar 250 KM dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5-6 jam dengan menggunakan bus sewaan.

Nah, karena akan berjalan-jalan di pantai, saya harus menyiapkan aneka perbekalan untuk saya dan anggota yang lain selama disana. Diantaranya bahan makanan, aneka snack, obat-obatan, dan yang pasti Liang Teh Cap Panda yang baik untuk menghilangkan dahaga dan mencegah panas dalam. Jadi teh ini wajib dibawa, guys :)
Liang Teh Cap Panda :)
Keindahan pantai Sawarna yang menawan sayangnya belum diimbangi dengan fasilitas dan sarana rekreasi pantai yang apik seperti yang kita temui di Bali. Belum lagi kondisi jalan raya dan transportasi menuju pantai Sawarna yang masih harus terus diperbaiki. Hal ini merupakan PR bagi pemerintah provinsi Banten dan kabupaten Lebak. Juga merupakan tugas kita sebagai masyarakat Indonesia dalam mengampanyekan wisata lokal yang tak kalah indah dan mempesona dengan luar negeri jika dikelola dengan baik dan berkelanjutan (good and sustainable managing).

Namun perjalanan menuju Sawarna yang kurang nyaman tersebut akan terbayar lunas ketika kita sudah sampai disana, di Pantai Sawarna : Bali-nya Banten! Selamat berekreasi! ^_^

0 comments:

Post a Comment