Wednesday, January 6, 2016

Tempat Wisata Hokkaido, Jepang yang Wajib Masuk Itinerary List!

Hokkaido adalah salah satu prefektur (kalau di Indonesia seperti provinsi) di Jepang. Hokkaido juga sekaligus nama pulau. Pulau Hokkaido adalah pulau terbesar ke dua di Jepang setelah pulau Honshu. Oya, Hokkaido juga merupakan prefektur terbesar di Jepang dan menjadi satu-satunya prefektur yang terbentuk atas 14 subprefektur.

Kalau lihat di peta/globe, pulau Hokkaido ini ada di wilayah ‘paling atas’ alias salah satu pulau paling utara di Jepang.
Hokkaido prefecture map. (https://awordfromjapan.files.wordpress.com/)

Sejak tadi siang saya mencari berbagai bacaan pariwisata Hokkaido di internet dan posting foto-foto di instagram dengan tag #sapporo, #hokkaido dan #japan. Ternyata sejak bulan November lalu (hingga awal bulan Maret nanti) di Jepang memang sedang musim salju.
Di prefektur ini kira-kira, tempat wisata serta jenis makanan apa ya yang wajib dikunjungi dan disantap?? Dikutip dari beberapa sumber, ini dia tempat wisata favorit di Hokkaido:
1. Sapporo
Yup! Sapporo adalah kota terbesar dan menjadi ibu kota dari Hokkaido. Kota ini bisa dikatakan sebagai kota paling favorit disana. Ada berbagai tempat dan festival yang tak boleh terlewatkan jika sedang berada di kota ini. Sebut saja Sapporo Yuki Matsuri alias Festival Salju Sapporo yang diadakan di Odori park yang menjadi jantung kota Sapporo.
- Odori Park
Odori park terletak di pusat Sapporo yang membagi kota ini menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan bagian selatan. Taman ini terbentang sepanjang satu kilometer. Di bagian timur taman Odori terdapat Sapporo TV Tower yang memiliki tinggi 150 meter dan dalamnya ada bangku observasi yang dapat dinaiki hingga ketinggian 90 meter. Dari bangku di dalam Sapporo TV Tower itu kita bisa melihat pemandangan taman Odori dan Sapporo dari atas. Pada malam hari, menara TV Sapporo ini akan memancarkan cahaya dan menjadikannya terlihat amat cantik.
Nah, acara Sapporo Snow Festival (Sapporo Yuki Matsuri) yang saya sebutkan tadi biasa dilaksanakan pada awal bulan Februari di taman Odori ini. Festival yang dimulai sejak tahun 1950 ini adalah sebuah acara festival salju terbesar di Jepang yang memamerkan ukiran es dan salju dengan berbagai ukuran. Setiap tahunnya lebih dari 2 juta wisatawan lokal dan mancanegara datang untuk menyaksikan festival ini. Selain di Odori site, Sapporo Yuki Matsuri juga bisa diadakan di Susukino site dan Tsu Dome site.
Odori park at night. So gergous! (instagram.com/lemon12teeea)
Odori site dan Susukino site terletak di pusat kota dan saling berdekatan sementara Tsu Dome site berada di luar pusat kota. Odori site dan Susukino site bisa ditempuh dengan shuttle bus yang berangkat setiap 5-10 menit sekali dengan biaya 100 yen sekali jalan.

- Nijo Market
Hokkaido amat terkenal dengan hasil lautnya. Salah satu pasar yang paling terkenal dengan produk lokal dan produk seafood yang masih fresh adalah Nijo Market. Menjadi satu hal yang wajib deh untuk mencoba donburi yang masih sangat fresh disini. Selain itu, Hokkaido juga terkenal dengan kepitingnya dan yang paling terkenal adalah kepiting raja dengan ukurannya yang sangat besar. Wah! Bakalan kenyang banget ya makan satu porsi kepiting sebesar ini XD
King crab outlet in Nijo Fish Market. (http://www.welcome.city.sapporo.jp/)
- Former Hokkaido Government Office Building
Ini menurut saya amat menarik. Bagaimana tidak? Gedung pemerintahan dijadikan tempat pariwisata? Unik sekali bukan? Dari berbagai sumber yang saya baca dan foto di internet yang saya lihat, pemandangan bekas kantor pemerintahan Hokkaido ini indah sekali, di dalamnya terdapat berbagai macam benda-benda bersejarah yang dikoleksi oleh pemerintah Hokkaido. Sangat unik karena tentu saja didalamnya banyak sekali benda-benda antik serta taman dan gedung yang cantik.
Former Hokkaido Government Office Building during winter. (http://www.welcome.city.sapporo.jp/)
2. Otaru
- Otaru Canal
Otaru adalah kota pelabuhan kecil yang terletak di sebelah barat Hokkaido. Pada siang hari, kanal Otaru menjadi tempat yang amat menarik dimana para seniman menunjukan bakat dan karya seni mereka pada para wisatawan yang lewat. Pada musim dingin, salju yang menyelimuti kanal dan atap bangunan tua di pinggiran kanal ini memberikan kesan yang sangat eksotis! Pada malam hari lampu-lampu yang berwarna-warni bersinar membawa kesan romantis di sepanjang kanal.
Otaru merupakan tempat diselenggarakannya Otaru Snow Light Festival (Otaru Yuki Akari no Michi). Untuk dapat ke kanal Otaru kita hanya butuh 10 menit berjalan kaki atau dua menit dengan bus dari stasiun Otaru.
Otaru canal in a winter evening ^^ (http://trend2.all-about-japan.com/)
- Sakaimachi Street
Sakaimachi Street adalah jalan utama yang ada di Otaru yang merupakan kawasan preservasi yang memiliki banyak bangunan dengan gaya arsitektur Barat. Di Sakaimachi street ada banyak merchant yang menjual berbagai produk mulai dari makanan hingga sovenir.
A couple passes Sakaimachi street. How sweet!:3 (http://image.shutterstock.com/)
3. Furano Flower Fields (Furano)
Furano adalah kota yang amat terkenal dengan ladang bunga yang super luas. Keindahan bunga yang tertata rapi dan terbentang luas bak permadani di Furano bisa dinikmati saat summer (musim panas) yang berlangsung sekitar bulan Mei-Agustus. Saat musim dingin tiba, ladang bunga disana akan tertutup salju dan kita bisa melakukan olahraga salju disana, seperti ski, snowboard, dan olah raga salju lainnya. Pasti seru sekali ya bermain di ladang salju Furano.
Is it flower rug or what?? I wish someday I could be there ^3^ (http://jpninfo.com)
4. Biei
Biei adalah sebuah kota kecil yang dikelilingi pemandangan yang indah berupa ladang, perbukitan serta danau dan air terjun: tempat yang sangat sempurna bagi pencinta alam (seperti saya, hehe..). Biei dekat dengan Furano yang terkenal dengan ladang lavender saat summer tiba.
- Blue pond
Blue pond adalah sebuah danau yang airnya berwarna biru muda. Sangat cantik dan eksotis! Sampai-sampai Blue pond ini dijadikan salah satu background desktop pada Mac OX. Sayangnya, saat musim dingin ini tiba Blue Pond akan membeku, meski begitu menurut saya ia tetap cantik dan menarik untuk dikunjungi.
Blue pond's be one of fifteen beautiful walpapers on Mac OS X. Proven its beautifulness! ^^ (http://vignette2.wikia.nocookie.net/)
- Blue Shirahige Waterfall
Nah, kalau pada musim salju Blue pond akan mengeras menjadi es, lain halnya dengan Blue Shirahige Waterfall ini yang tidak semua bagiannya membeku. Air terjun Blue Shirahige adalah sumber air bagi kolam Blue pond, sehingga kita masih bisa melihat eksotisme ‘air berwarna biru’ yang ada di blue pond dari sumbernya langsung alias dari Blue Shirahige Waterfall. Waktu yang dibutuhkan dari Blue Pond ke Blue Shirahige Waterfall hanya sekitar 20 menit dengan berjalan kaki.
Blue Shirahige Waterfall in winter. 'The blues' look so amazing! (http://coffeeteatravels.com/)
5. Noboribetsu
Noboribetsu adalah daerah resor onsen (semacam pemandian air panas) paling terkenal di Hokkaido. Diperlukan waktu sekitar satu jam dengan kereta dari Sapporo untuk menuju Noboribetsu Hot Spring Village dengan ongkos sekitar JPY 2,160 dalam sekali jalan. Pada saat baru datang, desa onsen ini akan menyambut kita dengan ‘patung setan’ yang disebut yukijin. Katanya, patung itu berguna untuk menjaga onsen disana. Biaya untuk masuk onsen sekitar JPY 1,500. Sebuah akhir trip yang menyenangkan di Hokkaido jika kita menyempatkan diri untuk mencoba onsen di Noboribetsu.
An onsen in Noboribetsu Hot Spring Village (jnto.go.jp)

- Hell Valley
‘Lembah neraka’ atau hell valey (Jigokudani) adalah suatu tempat yang menyemburkan uap panas yang mengandung sulfur. Kita bisa mencium bau belerang dari kejauhan. Menurut saya ini sangat unik dan menjadi tempat yang wajib dikunjungi setelah mencoba onsen di Noboribetsu Hot Spring Village.
'Hell valley' hears so fascinating! It's that pic in winter ^^ (http://www.hokkaido-sightseeing.com/)
Di atas saya sudah membahas sedikit makanan khas dari Hokkaido yang banyak diburu para wisatawan yaitu kepiting raja (king crab) yang ukurannya super besar. Tapi selain itu ada makanan lain yang menjadi makanan yang wajib dicoba selama di Hokkaido atau bahkan dijadikan oleh-oleh saat pulang ke Indonesia nanti, diantaranya:
- Seafood
Hokkaido memiliki laut yang kaya akan ikan dan kerang. Oleh karena itu, makanan laut segar seperti; kepiting, udang, landak laut, salmon dan kerang sangat terkenal di Hokkaido. Ada juga rumput laut dan seafood olahan. Cumi-cumi di Hakodate, landak laut di Shakotan dan Rishiri, smelts di Mukawa dan tiram di Akkeshi yang wajib untuk dicicipi satu per satu (jika dompet memungkinkan ya.. hehe)
Someone posted this sushi pic while in Otaru. Look so fresh and yummy :3 (instagram.com/hjinya)
- Shiroi Kaibito
Shiroi Koibito Chocolate Cookie adalah cemilan yang  populer dijadikan oleh-oleh khas dari Hokkaido, Jepang. Kue ini terdiri dari dua kue mentega tipis dan lapisan cokelat putih di tengahnya. Shiroi Koibito telah populer selama lebih dari 30 tahun.
Shiroi Koibito's pleasant gift to our beloved ones from Hokkaido for sure! :3 (instagram.com/kjennnnnie)
Wah! Menakjubkan sekali ya tempat-tempat dan makanan yang ada di Hokkado, Jepang. Semoga suatu hari nanti kita bisa mengunjungi tempat-tempat itu dan mencicipi langsung makanan khas Hokkaido disana ya..
Bagi teman-teman yang hendak berjalan-jalan baik sendiri, berpasangan, bersama keluarga maupun secara berkelompok (group tour), H.I.S. menyediakan layanan tour and travel dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional lho.. Selain itu H.I.S juga menyediakan berbagai produk seperti pembuatan Visa Jepang, tiket berbagai atraksi dan festival di Jepang yang berguna memudahkan kita berwisata di tempat yang akan kita kunjungi.
Selain itu, H.I.S. bekerja sama dengan ANA (All Nippon Airways) membuat satu proyek bernama HAnavi yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang hendak datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik dan hotel dengan harga yang murah meriah khusus untuk kamu yang berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.
Untuk mengetahui berbagai promo dan informasi menarik seputar Jepang, teman-teman bisa like dan ikuti fanspage  HIS Travel Indonesia di Facebook

Yuk, mari kita liburan ke Jepang yang seru dan menyenangkan dengan HAnavi ^^/

1 comments:

Post a Comment