Saturday, December 29, 2012

Mari, Lestarikan Air Kita : Masa Depan Kita


Air merupakan salah satu sumber kehidupan makhluk hidup di bumi. Air mempunyai banyak manfaat. Dalam bidang kehidupan ekonomi modern kita, air merupakan hal utama untuk budi daya pertanian, industri, pembangkit tenaga listrik, dan transportasi. Dan kelangkaan air yang sudah terjadi di banyak daerah khususnya ketika musim kemarau sudah banyak menimbulkan penderitaan bagi masyarakat. Karenanya kelangkaan air bersih yang terjadi harus segera diatasi agar tidak terjadi kelangkaan yang lebih parah.

Oleh karena itu, kita harus menghemat penggunaan air, memanfaatkannya secara bijak dan tidak membuang-buang air sembarangan : penghematan yang kita lakukan sebagai tabungan di masa depan. Dengan itu kita dapat berperan dalam memelihara salah satu sumber kehidupan kita.

Semakin meningkatnya populasi, semakin besar pula kebutuhan akan air. Sehingga ketersediaan air bersih pun semakin berkurang. Penyebab dari terjadinya krisis air bersih ini antara lain: perilaku manusia yang kurang peduli, populasi yang terus bertambah dan penyebaran penduduk yang tidak merata, kerusakan lingkungan, manajemen pengelolaan air yang buruk, global warming, anggaran yang tidak mencukupi, serta buruknya kinerja PAM/PDAM.

Solusi yang dapat kita lakukan dalam mengatasi kelangkaan air bersih antara lain: Mengatur pemanfaatan air tanah yang disertai dengan pengawasan yang ketat. Pemberian surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan) harus di sertai dengan kewajiban penyediaan lahan terbuka, dan kewajiban memperbaiki kualitas dan mengembalikan tata guna air sesuai dengan pemanfaatan. Setiap bangunan di wajibkan membuat sumur resapan sehingga dapat meningkatkan cadangan air. Menanam pohon sebanyak-banyaknya, atau melakukan reboisasi di hutan-hutan yang gundul. Serta tidak membuang sampah sembarangan.
                
Namun demikian, solusi di atas ternyata belumlah dirasa cukup memberikan penyelesaian atas permasalahan kurangnya sumber air yang layak untuk diminum di Indonesia. Oleh karenanya di era teknologi  yang berkembang sangat pesat seperti saat ini. Alat -alat untuk mempermudah kehidupan manusia juga banyak diciptakan dan direvisi agar lebih efektif dan  efisien dalam penggunaannya.

Pure it, alat penyaring air keruh (water purifier) merupakan salah satu hasil teknologi yang canggih dari Unilever yang dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk mendapatkan air minum ketika di suatu wilayah terdapat air yang tidak layak seperti pada wilayah bekas rawa atau dekat tempat pembuangan limbah cair. Pure it merupakan water purifier dengan teknologi yang canggih yang dapat memproses air mentah menjadi air siap untuk diminum. Hal ini dapat menjadi solusi lain yang dapat kita terapkan demi kesehatan masyarakat Indonesia.

Sumber referensi :
http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2212679-penyebab-kelangkaan-air/#ixzz2GGWj2uQo

0 comments:

Post a Comment