Thursday, June 30, 2016

Home Credit Memudahkan Kita Memenuhi Kebutuhan dan Meraih Impian

Jujur saya awalnya sedikit kurang mengerti apa yang dimaksud dengan pembiayaan multiguna. Istilah tersebut memang agak asing bagi saya yang hampir tidak pernah berhutang atau memiliki cicilan. Pada awalnya saya sempat keliru dengan istilah ‘pembiayaan multiguna’ dan ‘kredit multiguna’. Saya kira kedua frasa tersebut memiliki definisi yang sama, namun rupanya berbeda. Saya lalu menemukan salinan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/POJK.05/2014 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Dalam Pasal 1 (4) peraturan yang diterbitkan Otoritas Jasa Keungan (OJK) itu, disebutkan bahwa Pembiayaan Multiguna adalah pembiayaan untuk pengadaan barang dan/atau jasa yang diperlukan oleh debitur untuk pemakaian/konsumsi dan bukan untuk keperluan usaha (aktivitas produksi) dalam jangka waktu yang dijanjikan. Sedangkan kredit multiguna (dari berbagai sumber yang saya baca) bisa diartikan sebagai pinjaman dana tunai yang digunakan untuk segala kebutuhan yang menggunakan dokumen jaminan tertentu sebagai agunan.
Bisa saya simpulkan bahwa pembiayaan multiguna adalah sistem pembayaran/pemberian pinjaman yang diberikan pihak  ketiga untuk pembelian barang/jasa dan bukan untuk modal usaha dengan pembayaran dalam jangka waktu (tenor) tertentu. Dan jenis kredit seperti ini sebenarnya memiliki penerapan yang sangat dekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari, terutama ibu-ibu, termasuk mama saya sendiri.
Mama saya sedari dulu senang sekali membeli barang-barang di rumah secara kredit (dicicil). Mulai dari peralatan dapur, sampai baju saja mama pernah membelinya secara kredit. Barangkali alasannya karena dengan metode ini meski total harga belinya jadi lebih mahal, tapi pembayaran jadi lebih ringan sehingga lebih terjangkau. Bisa saja sebenarnya kita menabung dahulu baru membeli barang yang dibutuhkan, namun sistem ini agaknya lebih ‘riskan’ karena khawatir uang yang sudah terkumpul malah terpakai untuk keperluan lain yang lebih penting atau barang yang ingin dibeli sekarang suatu saat akan habis karena limited stock atau bisa jadi harganya naik jika dibeli nanti (khususnya saat di masa-masa promo).
Nah, pembayaran dengan cara ‘dialihkan’ ke pihak ketiga di luar pembeli dan penjual, untuk kemudian pembayarannya dicicil kepada pihak ketiga tersebut setelah barang dibeli seperti inilah yang disebut dengan sistem pembayaran multiguna. Jadi pembayaran multiguna bukan hal yang baru, hanya mungkin istilahnya saja yang masih terdengar asing.
Mama lebih sering melakukan pembelian secara kredit ke penjual keliling yang memang secara khusus menjual barang dagangannya secara kredit. Penjual seperti ini bisa disebut reseller/dropshiper karena hanya membawa barang dagangan yang sudah dipesan terlebih dahulu oleh pembeli dengan/tanpa membelinya terlebih dahulu dari penjual. Hal yang berbeda jika kita ingin melakukan pembelian secara kredit di retail modern (tanpa kartu kredit). Biasanya retail tersebut telah bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan sebagai pihak ketiga dalam melakukan pembiayaan multiguna langsung di tempat terjadinya transaksi. Perbedaannya terletak pada pihak ke tiga disini yakni perusahaan pembiayaan yang tidak menjual barang, namun menyediakan jasa pembayaran atas pembelian yang kita lakukan.
Ada banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan jasa pembayaran multiguna, diantaranya adalah Home Credit Indonesia. Sebagai perusahaan pembiayaan internasional terkemuka di Indonesia, Home Credit Indonesia menawarkan jasa pembiayaan di tempat transaksi (pembiayaan non-tunai langsung di dalam toko), bagi konsumen yang memenuhi kualifikasi dan bermaksud untuk membeli barang-barang konsumsi tahan lama, seperti furnitur/perabotan rumah tangga, gadget, dan peralatan elektronik.
Kredit tanpa kartu kredit? Dapatkan dengan mudah via Home Credit (via improdukonlinereview.blogspot.com)
Home Credit Indonesia yang berdiri di tahun 2012, saat ini telah memeliki  lebih dari 210.000 klien dan 2000 jaringan distribusi yang tersebar di berbagai retail di kota-kota besar di Indonesia. Kedepannya perusahaan ini akan memperluas jaringan distribusinya sehingga semakin memudahkan kita untuk mendapatkan segala yang kita butuhkan dengan cara yang lebih mudah.
Dengan perkembangan kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis, pembiayaan multiguna yang dilayani oleh Home Credit Indonesia bukan itu saja. Kebutuhan akan pinjaman tunai untuk melakukan kegiatan seperti biaya renovasi rumah, dana pendidikan, biaya kesehatan, dana acara penting seperti resepsi pernikahan bahkan dana rekreasi/liburan juga dapat diajukan.
Berbagai kebutuhan dapat terpenuhi dengan produk pembiayaan FlexiFast dari Home Credit
Selain itu, pengajuan pembiayaan multiguna dengan Home Credit juga dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Kurang dari 60 menit saja, jika aplikasi yang kita ajukan diterima maka barang yang kita butuhkan dapat segera dibawa pulang dengan uang muka tidak begitu besar. Kita jadi tidak perlu kartu kredit lagi untuk membeli barang yang kita butuhkan secara cicilan. Demikian juga dengan produk pembiayaan untuk keperluan lainnya. Pengajuan dana darurat yang kita butuhkan dapat langsung dilakukan di mana pun, tidak perlu datang ke kantor/toko, Dengan syarat pengajuan yang simple, dana yang kita ajukan dapat diterima dalam 7 hari saja. Home Credit memudahkan kita memenuhi kebutuhan dan meraih impian.

1 comments:

Post a Comment