Thursday, June 9, 2016

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Investasiku Masa Depanku (IMD) Danareksa

Anak adalah titipan Tuhan. Sebagai titipan, ia tentu seharusnya dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Pun karena ia makhluk hidup, menjaga dan merawat saja tidaklah cukup. Ada kebutuhan-kebutuhan jasmani dan rohani yang harus orang tua penuhi. Kebutuhan pendidikan salah satunya.
Pendidikan adalah hak setiap anak yang wajib diberikan oleh orang tua. Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan keperibadian dan sumber daya yang berprospek pada pembangunan negara ke arah yang lebih baik. Kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas sumber daya manusia yang dimulai dari pendidikan yang berkualitas dan handal. Oleh karena itu, amat penting bagi kita para (calon) orang tua untuk mempersiapkan pendidikan anak sejak dini demi mewujudkan negara Indonesia yang lebih maju dan beradab.
Dana pendidikan untuk anak harus dipersiapkan sedini mungkin. via eduforchilds.blogspot.com
Sebagai manusia modern kita tidak dapat hidup seperti manusia purbakala yang hanya melakukan kegiatan untuk hari itu saja, tanpa mempertimbangkan hari yang telah lalu dan mempersiapkan hari yang akan datang. Kita yang hidup di era kini harus mampu belajar dari hari kemarin serta mempersiapkan masa depan dengan matang. Hal-hal yang kita rencanakan harus dipersiapkan sedini mungkin sehingga hal tersebut dapat menjadi lebih mudah dan ringan untuk dilakukan di kemudian hari.
Begitu juga dengan pendidikan anak, yang semakin hari terasa semakin mahal. Untuk menjamin anak kita kelak mendapat pendidikan yang berkualitas baik tentu kita harus mempersiapkannya mulai dari sekarang juga.

Karena Menabung Saja Tidak Cukup
Selama ini orang tua saya menabung di bank guna membantu mencukupi kebutuhan di masa depan baik yang terduga (terencana), seperti untuk biaya sekolah saya dan adik-adik saya, maupun untuk kebutuhan tak terduga, seperti sakit atau kecelakaan. Tindakan orang tua saya itu memang tak sepenuhnya bisa disalahkan. Namun dengan pertimbangan tingkat inflasi di negara kita dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan menyebabkan nilai uang saat ini belum tentu sama dengan nilai uang di masa depan.
Tingkat inflasi yang tinggi menyebabkan nilai uang menjadi semakin naik. Contohnya, jika pada tahun 2006 nilai uang Rp 100.000 tampak sangat besar, dapat dibelanjakan untuk banyak barang, namun di tahun 2016 sekarang nilai Rp 100.000 tampak tidak begitu besar dan hanya beberapa kebutuhan pokok saja yang dapat dibeli dengan nilai tersebut. Oleh karena itu, menabung saja tidaklah cukup. Dibutuhkan ‘simpanan’ jenis lain yang resisten terhadap paparan inflasi, diantaranya adalah dengan berinvestasi reksa dana.
menabung tidak sama dengan berinvestasi. via tflguide.com
Dalam Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27) didefinisikan bahwa Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.
Investasi Reksa dana dapat dijadikan alternatif simpanan untuk masa depan yang tepat bagi kita orang tua dalam merencanakan pendidikan anak. Hal tersebut karena berinvestasi di reksa dana memiliki keunggulan dibandingkan jenis investasi yang lain, diantaranya:
1.     Tidak membutuhkan dana yang begitu besar. Seperti definisi di atas, reksa dana merupakan wadah untuk menghimpun dana, sehingga dana yang kita investasikan (meski tidak terlalu besar) akan dihimpun menjadi satu kesatuan dana yang dapat didiversivikasi (dibagi-bagi) kedalam berbagai jenis instrumen investasi sehingga memiliki risiko yang lebih kecil.
2.     Lebih mudah. Dana yang telah dihimpun, oleh Manajer Investasi (MI) akan diinvestasikan dalam berbagai jenis efek yang potensial memberikan keuntungan sehingga kita tidak perlu terlalu bingung memilih efek mana yang bagus atau tidak.
3.     Efisensi waktu. Karena dana dikelola oleh MI yang profesional, kita jadi tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengamati perkembangan investasi yang kita lakukan.
Kelebihan-kelebihan reksa dana di atas amat sesuai dengan kita yang peduli dengan masa depan kita, beserta masa depan orang yang kita kasihi. Kita tidak akan pernah tahu pasti apa yang akan terjadi di kemudian hari, untuk itu amat penting bagi kita merencanakan hal-hal yang akan terjadi mulai hari ini, saat ini juga. Investasiku masa depanku, masa depan kita semua!

”Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blogger Writing Competition Investasiku Masa Depanku bersama ReksaDana Danareksa. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management”.

*) Tulisan rujukan

0 comments:

Post a Comment