Wednesday, November 23, 2016

Senang Sedih Harus Tetap Bersyukur (SSHTS)

Hari ini rasanya seneng, tapi juga sedih.
Sedih karena dengan berat hati  gw ngejual saham yang dulu, waktu November 2015 paling mahal.. sekitar 5 ribu/lembar. Saham termahal ‘koleksi’ gw itu dari PTBA alias PT Batu Bara Bukit Asam (Persero) Tbk.
ptba.co,id
Yang namanya ada Perseronya berarti BUMN. Saham-saham yang gw simpen emang hampir semuanya saham perusahaan BUMN, kecuali dari sektor Perbankan gw ga beli karena itu jelas ga masuk indeks JII (Jakarta Islamic Index) haha :D
Sebenernya gw trading di pasar regular sih, bukan yang syariah. Biar begitu tapi acuan beli gw emang dari JII, bukan LQ45 atau yang lainnya.
Sedih bro.. mungkin kalo bisa gw keep lebih lama tu saham bisa lebih mahal dari price hari ini (23-11-2016). Tapi ya udahlah orang lagi bener2 butuh duit.
Gila ya jurusan gw tu ga jelasnya. Nyuruh kita donasi buku tapi maunya nerima uangnya bukan bukunya. Katanya jurusan udah kerja sama dengan penerbitnya jadi HARUS beli bukunya ke penerbitnya langsung VIA JURUSAN aja. Ga jelasnya tu gara2 harga bukunya lebih mahhhallll dibandingkan harga di toko buku online. Selisih 150rb! Kan gokil. Udah gitu kita GA BOLEH BELI DARI LUAR.. apa-apaan coba. Gimana orang ga curiga ada kongka-kingkong antara jurusan sama si penerbitnya itu. Udah gitu anak yang udah sidang duluan dan udah pada bayar donasi bukunya juga belum ada lagi. Haha gatau dah itu jadi dikemanain uangnya -,-
Hmm jadi karena terdesak oleh hal itu akhirnya, sekali lagi, dengan berat hati gw jual saham PTBA, saham termahal gw itu.
Tapi ada rasa senangnya juga sih. Ya senang dan agak heran, karena ketika gw beli saham PTBA itu tanggal 23 November 2015 trus gw jual ternyata di tanggal yang sama, satu tahun kemudian di tanggal 23 Nov 2016 (siang ini!). Masya Allah ya bisa coincidence gitu :D
Dulu gw belinya seharga 5.975/lembar trus tadi gw jualnya jadi 11.650/lembar.. alhamdulillah haha hampir dua kali lipet gitu ya gain nya :D
Oya, tadi gw liat portofolio gw market valuenya emang jadi hampir setengah dari dana yang udah gw investasiin. Masya Allah banget lah itu.. ngerasa bersyukur banget dulu dapet duit banyak ga jadi gw beliin hp baru tapi malah gw beliin isi kamar, simpen di deposito sama beli saham :D
Oya sebenernya gw investasi saham ga banyak2 banget. Maklum lah masih anak kampus. Gw investasi sebesar bates minimum pembukaan rekening di perusahaan sekuritas yang gw pilih. Karena gw belajar dari bu Fara (dosen analisis portofolio dan investasi) kalo investasi itu kaya nyimpen telur dalam keranjang. Kita sebaiknya ga nyimpen banyak telur di satu keranjang aja tapi dipisah di beberapa keranjang yang beda, jadi kalo satu keranjang jatoh dan telurnya pecah kita masih punya telur di keranjang yang lain. Jadi deh gw beli saham macem2 perusahaan, tapi karena dana investasi gw terbatas jadi di hampir semua perusahaan gw cuma beli satu lot saham doang ahaha
Oya satu lot itu = 100 lembar saham ya kalo sekarang. Dan kalo mau trading (jual-beli) saham tu minimal 1 lot. Jauh lebih murah dibandingin dulu, sebelum gw jadi investor yang 1 lotnya = 500 lembar. Gile bisa kebayang butuh duit berapa banyak buat beli 1 lot saham UNVR (PT Unilever Tbk) yang sekarang harganya nyampe lebih dari 40.000/lembar kalo 1 lot masih 500 lembar XD
Meski udah dijual, duitnya ga bisa langsung withdraw (diambil) tapi nunggu t+3 (3 days after trade) dulu baru masuk rekening efek kita. Tadi gw sampe cerita gitu ke sekjurnya. Trus beliau nyuruh gw ngomong langsung sama pak kajurnya. Yowis besok siang gw bakal ngadep pak kajur. Untung bukan pak sekjur. Gw jauh lebih segan ketemu langsung sama pak sekjur daripada pak kajur. Pak kajur gw tu kayanya tinggal di korem. Asudahlah cerita yang ini ga penting. Yang penting kita harus tetap bersyukur :) duit jangan dihambur-hambur, lebih baik dibelikan saham agar dana kita tidak tergusur (oleh inflasi ;)
Uye ye ye yee~ ada kelezatan balu, mi syedap, wayt kawriyy xD

0 comments:

Post a Comment