Monday, March 11, 2013

My (Late) New Year Resolution


Saat ini, di kampus aku mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa English Debating Club (UKM EDC). Awalnya sih kurang minat di dunia debat—apalagi berbahasa inggris, bukan tidak bisa, nilai bahasa Inggrisku cukup bagus kok, tapi ya agak malas saja, mungkin karena aku orangnya agak pendiam.. hmm

Pertama kali aku ikut UKM tersebut karena aku ingin memperlancar speaking in English aku, tapi lama-lama seru dan enjoy aja sih ikut UKM ini. Jadi disini kita tidak hanya fokus ke Englishnya saja. Walaupun hal tersebut sebenarnya sangat menunjang dalam english debate. Tapi hal yang paling penting itu bagaimana membentuk pola berfikir kritis dan bagaimana kita dapat memberikan alternatif penyelesaian yang efektif dan efisien atas motion yang dikemukakan.

Disini kita dituntut memiliki hal-hal semacam itu dan ternyata hal itu tidak mudah, karena—kadang apa yang motion inginkan itu tidak sesuai dengan apa yang menjadi prinsip hidup kita, seperti motion ‘sederhana’ begini “the government should allow prostitution”. Hal ini bagi seorang Muslim pasti inginnya sih jadi oposition team/negative team kan??,  tapi kalau ‘jatah’nya dapat affirmative team/positive team yang notabene harus mendukung apa yang diinginkan motion ‘kan bertentangan sekali dengan keyakinan kita -,-

Tapi inilah letak keasikan tersendiri yang ada di EDC. Dimana kita kadang merasa pusing sampai kepala berasa panas memikirkan solusi apa yang tepat atas permasalahan yang mengemuka, juga menyampaikannya kepada Adjudicator agar ia lebih mempercayai argumen tim kita daripada tim lawan.

Dan resolusi 2013ku di UKM ini, aku ingin (minimal) mengikuti dua kompetisi national debate :) ya aku sih akan berusaha secara maksimal untuk menjadi juara, tapi kalau pun juga tidak mengapa. Aku new debater ‘kan. Di SMK dulu aku tidak mengikuti ekstrakurikuler debate, baru ikut kegiatan debate di perguruan tinggi saat ini. Intinya AKU INGIN MENJADI DEBATER NASIONAL. Aamin.

Resolusi aku di tahun 2013 lainnya, aku  juga ingin menjadi blogger yang aktif dan profesional. Aku baru buat blog sekitar pertengahan Desember 2012 kemarin -,- sebenarnya sudah lama ingin, tapi karena sebelumnya aku tidak punya netbook sendiri jadi baru buat blog bulan kemarin deh. AKU INGIN MENJADI PENULIS. Aamiin.

Di tahun ini, aku juga ingin mengikuti Program PPAN (Pertukaran Pemuda Antarnegara). Aku sih inginnya ke Jepang atau Aussie, tapi kalau pun tidak ke negara-negara itu tak mengapa. Pokoknya AKU INGIN KE LUAR NEGERI. Nanti aku ‘kan disana bisa melihat salju.. hehe :) Aamiin.

Dan mungkin ini resolusi yang super freak, hehehe bahwa aku ingin berfoto bersama mahasiswa dari UI, Universitas Indonesia :) Aneh bukan?? Entahlah, tapi aku ingin sekaliiiii... *lebay :O

Oke, itu resolusiku di tahun ini. haa ga jelas banggeeettt.. hihi entahlah.. -,-


+++++++
P.P. : hehe,, kalau yang ini juga pernah gw ikutkan di #WrittingContest yang diadakan Esensi Magz :) tapi ngga menang juga.. :( ha ha ngga apa-apa la~ :D gw senang udah ikut berpartisipasi :)


0 comments:

Post a Comment